images/cover-artikel-b.webp

Daftar Perusahaan dan Profesi Yang Menggunakan Linux

oleh Razali Taher

Jika kamu sedang mulai berkecimpung di dunia IT dan sedang mencari tahu tentang peluang kerja dan perusahaan mana saja yang membutuhkan skill Linux maka kamu datang ke tempat yang tepat.

Di artikel ini akan dibahas secara lengkap jadi silahkan baca artikel selengkapnya!


Daftar isi:


Jika kamu sedang terpapar dengan dunia IT dan sedang mencari tahu tentang peluang kerja dan perusahaan mana saja yang membutuhkan skill Linux maka kamu datang ke tempat yang tepat. Di artikel ini akan dibahas secara lengkap jadi silahkan baca artikel selengkapnya!

Jika kamu sedang terpapar dengan dunia IT dan sedang mencari tahu tentang peluang kerja dan perusahaan mana saja yang membutuhkan skill Linux maka kamu datang ke tempat yang tepat. Di artikel ini akan dibahas secara lengkap jadi silahkan baca artikel selengkapnya!

  1. Tentang Linux

    Berada di era indurstri 5.0 seperti saat ini memaksa kita untuk tidak boleh gaptek. Kita tidak boleh abai untuk pada akhirnya tertinggal oleh teknologi. Apalagi bila kita adalah seorang profesional di bidang IT. Salah satu skill yang nampaknya wajib untuk dikuasai di era sekarang adalah sistem operasi Linux.

  2. Popularitas Linux

    Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun sekitar 1990-1991 sistem operasi Linux sudah membawa banyak perubahan. Linux menjadi solusi yang melengkapi kemajuan teknologi hingga saat ini.

    Sistem operasi Linux sangat popular sejak pertama kali diluncurkan hingga saat ini. Bahkan saking populernya tidak sedikit perusahaan dan profesi yang mewajibkan karyawannya untuk menguasai sistem operasi Linux.

    Sistem operasi Linux sangat popular karena memberi pengalaman yang berbeda terhadap pengguna. Mereka dapat melakukan banyak eksperimen pada sistem operasi linux.

    Bahkan dikutip dari Statista bahwa 47% professional developers di dunia menggunakan Linux sebagai sistem operasi utama mereka.

    Untitled

  3. Fungsi Linux Bagi Dunia Teknologi

    Sejak dahulu sistem operasi linux digunakan untuk kebutuhan jaringan, database, aplikasi dekstop, mobile app, hingga komputer science.

    Linux diketahui sebagai salah satu sistem operasi paling aman di dunia. Oleh karena itu sistem operasi ini banyak digunakan di dunia teknologi diberbagai indurstri, antara lain:

    1. Telekomunikasi

      Sistem operasi Linux sangat cocok untuk telekomunikasi, kenapa? Ini dikarenakan fitur utama sistem operasi Linux yang mudah untuk di kustomisasi.

      Selain itu biaya yang lebih rendah, keamanan, lisensi, kinerja yang tinggi merupakan alasan lain kenapa sistem operasi sangat cocok di telekomunikasi.

    2. Permainan

      Linux dan permainan mungkin masih asing bagi kita yang baru terjun belajar sistem operasi Linux. Namun faktanya ada banyak sekali permainan yang dapat berjalan di sistem operasi Linux.

      Menggunakan Linux membantu pengembang untuk menghemat biaya dalam pengembangan permainan.

    3. Keamanan

      Linux sudah sangat popular perihal keamanannya. Sistem operasi yang mudah untuk di modifikasi dan kustomisasi memerlukan izin yang eksplisit untuk mengakses sistemnya.

      Ada juga distribusi linux yang memiliki fokus melindungi pengguna dari peretesan seperti Ubuntu dan Redhat.

    4. Embedded Systems

      Salah satu keunggulan sistem operasi linux adalah biayanya yang terjangkau. Diluar itu adalah keamanannya.

      Namun sebagian pengembang menyukai sistem operasi Linux karena skalabilitasnya. Seperti akan selalu ada permintaan untuk smart tv, tablet di mobil, hingga penerima satelit.

    5. Pengembangan Software

      Linux yang serbaguna dan berjalan sangat cepat serta open source sangat mempermudah pengembang dalam mengembangkan projek mereka.

  4. Daftar Perusahaan Yang Menggunakan Linux

    Berikut ini adalah beberapa perusahaan yang menggunakan sistem operasi Linux sebagai sistem operasi utama mereka:

    1. Amazon

      Amazon merupakan perusahaan multinasional dengan banyak anak perusahaan menggunakan sistem operasi Linux untuk pengembangan aplikasi, Embedded Systems, dan keamanan.

    2. Dell

      Perusahaan yang satu ini cukup familiar. Mungkin ada diantara pembaca yang sedang menggunakan komputer keluaran Dell saat ini.

      Dell menggunakan sistem operasi Linux untuk Embedded Systems, dan pengembangan aplikasi.

    3. Facebook

      Perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini sudah sangat terkenal. Penggunanya pun lintas generasi.

      Facebook meggunakan sistem operasi Linux untuk keamanan, Embedded Systems, dan pengembangan aplikasi.

    4. Google

      Minsa yakin tidak ada yang tidak tahu google. Salah satu dari lima perusahaan terbesar dunia ini menggunakan sistem operasi linux untuk menjaga keamanan.

    5. Boer Technology

      boer technology btech

      Boer Technology atau disingkat Btech merupakan perusahaan asal Indonesia yang bergerak dalam beberapa sektor di bidang teknologi.

      Btech menggunakan sistem operasi Linux untuk pengembangan, keamanan, dan bahkan sebagai sistem operasi sehari-hari dalam menjalankan perusahaan oleh karyawan non-IT.

    6. IBM

      Merupakan perusahaan teknologi multinasional, IBM berkantor pusat di New York. Menyediakan berbagai produk teknologi,

      IBM menggunakan sistem operasi Linux untuk keamanan.

    7. Microsoft

      Kalau sehari-hari kamu bekerja menggunakan microsoft office maka microsoft adalah nama perusahaannya.

      Microsoft memproduksi banyak perangkat lunak komputer. Microsoft menggunakan sistem operasi Linux untuk keamanan dan Embedded Systems.

    8. NASA

      Berbasis di US, kita semua tentu tahu NASA, apalagi bila saat kecil kamu bercita-cita menjaga astronot.

      NASA menggunakan sistem operasi Linux untuk pengembangan aplikasi mereka.

    9. Redhat

      Bagi kamu yang baru terjun belajar sistem operasi Linux, Redhat sudah cukup popular di dunia IT.

      Memiliki banyak produk yang berkaitan langsung denga Linux, Redhat menggunakan sistem operasi Linux untuk pengembangan aplikasi dan keamanan mereka.

    10. Samsung

      Perusahaan besar asal Korea Selatan ini merupakan perusahaan yang sangat popular. Menyediakan banyak produk dan layanan digital di seluruh dunia.

      Samsung menggunakan sistem operasi Linux untuk keamanan dan pengembangan aplikasi mereka.

  5. Daftar Profesi Yang Menggunakan Linux

    Berikut ini adalah beberapa profesi yang menggunakan sistem operasi Linux sebagai sistem operasi utama mereka:

    1. System Administrator

      Linux System Administrator atau sering disingkat sebagai Linux SysAdmin bertanggung jawab untuk semua hal yang berkaitan dengan Linux.

      Linux SysAdmin akan membantu mengelola infrastruktur, platform, visual, aplikasi, dan server sambil memantau protokol keamanan.

    2. Linux Teacher or Writer

      Di era media sosial dan konten kreator saat ini, banyak sekali peluang terbuka untuk membagikan ilmu secara gratis hingga berbayar.

      Sebagai pengajar, kamu bisa mencoba bereksperimen dengan distro baru, menyelesaikan permasalahan yang sering dihadapi dan membantu pengguna dengan menjual jasa mengajar atau bahan materi atas permasalahan tersebut.

    3. Linux Security Engineer

      Seorang Linux Security Engineer dituntut untuk memahami dasar dari sistem operasi Linux karena dapat melakukan konfigurasi jaringan dan basis data dengan mudah dan cepat.

      Mereka juga bertanggung jawab untuk menjaga keamanan sekaligus mengembangkan keamanan sembari membuat dokumentasinya secara terperinci.

    4. Hardware Driver Developer

      Bila kamu membaca sejarah sistem operasi Linux maka kamu tidak akan kaget dengan profesi yang satu ini.

      Hardware Driver Developer harus sangat memahami sistem operasi Linux dan sistem kernel. Selain itu kamu juga harus memahami beberapa bahasa pemograman seperti assembler dan C.

      Hardware Driver Developer memiliki dua jenis, bila kamu tertarik menjadi seorang Hardware Driver Developer maka sebaiknya memutuskan bidang yang akan kamu perdalam antara open-source dan close-source.

    5. Application Developer

      Profesi ini adalah profesi yang paling dicari di dunia diantara banyak profesi lainnya di yang berkaitan dengan sistem operasi Linux.

      Application Developer dianggap sangat penting dalam eksistensi sistem operasi Linux. Hanya dengan mereka menciptakan berbagai aplikasi yang berguna, dapat membantu Linux bersaing melawan kompetitor mereka.

      Namun untuk menjadi Application Developer kamu harus mengerti berbagai macam bahasa pemograman.

    6. Web Server Administrator

      Sebagai seorang Web Server Administrator kamu perlu memantau jaringan internal, jaringan eksternal, termasuk login jarah jauh dan firewall.

      Kamu juga perlu mengerti tentang mengelola fitur administrasi sistem dan database secara efektif melalui Linux.

    7. Kernel Developer

      Jika kamu tertarik menjadi Kernel Developer, maka kamu harus memahami bahasa pemograman C, struktur data, algoritma, dan memahami cara penggunaan sistem operasi Linux.

      Kamu akan mengembangkan berbagai sistem operasi mengikuti permintaan yang akan terus meningkat bahkan pengembangan yang dibuat secara khusus.

    8. Linux Systems Developer

      Bila kamu pengguna sistem operasi Linux, tentu kamu sudah tahu jika ada banyak sekali sistem operasi di luar sana. Sistem operasi Linux sangat popular sehingga terus dikembangkan. Jika kamu memilih peran ini maka kamu harus sangat memahami sistem operasi ini dan banyak keahlian pendukung lainnya.

      Kamu mungkin saja akan diminta mengembangkan sistem operasi yang tidak bisa dilakukan oleh Windows dan MacOs.

    9. Embedded Linux Programmer

      Profesi ini cukup berat karena melibatkan banyak hal rumit dari Linux itu sendiri. Embedded Linux bekerja di atas kernel Linux.

      Bila kamu tertarik menjadi Embedded Linux Programmer maka kamu harus memahami persyaratan sistem, merancang sistem, dan berbagai bahasa pemograman.

  6. Kesimpulan dan Rekomendasi Kursus Belajar Linux Gratis Bersertifikat

    Linux merupakan salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia profesional.

    Sudah banyak perusahaan besar berskala dunia yang menggunakan Linux. Ini menjadi bukti betapa dipercayanya sistem operasi Linux.

    Hal ini pun memberi peluang bagi banyak praktisi IT untuk berkarir di bidang IT Engineer, Cloud Engineer, DevOps, dan Linux System Administration.

 

Jika kamu tertarik menjadi seorang Linux Sys Admin, kamu bisa belajar melalui Freemium Course: Linux System Administration berikut.

Kamu akan mendapatkan fasilitas lab, sertifikat keahlian, hingga peluang untuk ditawarkan pekerjaan dengan materi berbasis projek secara gratis.