images/gambar_artikel_adinusa_10-07-23_1.webp

Jenis-Jenis Distro Linux Yang Cocok Untuk Pemula 2023

oleh Razali Taher

Jika kamu seorang pemula yang sedang belajar tentang sistem operasi Linux, maka kamu pasti tidak akan menemukan istilah “Distro Linux”.

Ketika kamu baru mulai belajar tentang sistem operasi Linux secara teori seperti membaca sejarah linux atau mencari tahu siapa dan dimana saja sistem operasi linux digunakan, kamu pasti mulai penasaran.

Lalu berlanjut ingin mulai praktik, maka kamu akan dihadapkan dengan distro Linux mana yang harus kamu pilih sebagai pemula.


Daftar isi:


Berikut sudah kami rangkup menjadi 4 rekomendasi distro Linux yang cocok untuk kamu coba sebagai seorang pemula.

  1. Tentang Linux

    Keberadaan sistem operasi Linux sebagai sebuah sistem operasi yang terbuka membuat Linux cukup populer dan memberikan banyak kelebihan.

    Salah satu kelebihan dari sistem operasi terbuka ini membuat pengguna dapat melakukan pengembangan dan penyesuain yang sangat besar.

    Distro Linux inilah hasilnya, ada ratusan jenis distro linux yang di pubilkasikan di internet yang telah dibuat dan disesuaikan berdasarkan tujuan masing-masing.

  2. Tentang Distro Linux

    Memahami distro Linux sangat penting jika kamu ingin serius belajar tentang sistem operasi Linux bahkan menjadi seorang ahli IT yang handal.

    Distro Linux sendiri merupakan jenis dari sistem operasi Linux yang telah dibuat dari kernel Linux yang ditambahkan modul, aplikasi, hingga paket lain sehingga tercipta sistem operasi yang spesifik sesuai kebutuhan pengembangnya.

    Tim pengembang Linux merilis dan menyebarluaskan versi Linux yang mereka ciptakan kepada masyarakat umum. Inovasi pengembangan ini dikenal sebagai distribusi Linux atau distro Linux.

  3. Rekomendasi Distro Linux Terbaik Untuk Pemula

    SIstem operasi Linux/Distribusi Linux terkenal sangat ringan sehingga cocok digunakan oleh komputer dengan spesifikasi yang rendah.

    Hal ini membuat pemula semakin mudah untuk mulai belajar mengenai sistem operasi Linux ini. Berikut rekomendasi distribusi Linux yang dapat kamu coba sebagai pemula:

    1. Ubuntu

      Distro Linux yang satu ini sangat terkenal dan menjadi favorit. Pemula hingga profesional sekalipun pasti sangat terbiasa dengan sistem operasi yang satu ini.

      Perusahaan yang berada di balik pengembangan Ubuntu ini adalah Canonical. Canonical juga telah mengembangkan kernel versi LTS (Long Term Support) untuk Ubuntu server.

      Ubuntu server juga memiliki layanan seperti Ubuntu Cloud Server jika nanti kamu bertujuan belajar untuk membuat clout platform seperti openstack dan bootstack.

      Sebagai tambahan Ubuntu juga digunakan pada ponsel pintar yaitu Ubuntu Touch.

    2. Linux Lite

      Dikatakan sebagai salah satu distro Linux yang paling mudah untuk digunakan, Linux Lite memiliki tampilan seperti windows dan sangat ringan sehingga cocok untuk digunakan di perangkat yang spesifikasinya rendah.

      Mungkin kamu juga sudah mencoba beberapa distro lain yang menawarkan tampilan seperti windows namun mungkin hanya Linux Lite yang dipromosikan dan dikembangkan secara aktif menjadi Distro Gateway.

      Selain itu Linux Lite memiliki banyak sekali dokumentasinya sehingga akan mempermudah pemula yang baru belajar menggunakan Linux.

    3. Linux Mint

      Linux Mint cukup terkenal dan banyak digunakan baik dari yang sudah mahir hingga pemula yang baru ingin belajar.

      Linux Mint memiliki tampilan yang user-friendly sehingga mempermudah pemula untuk beradaptasi jika sebelumnya menggunakan windows.

      Linux Mint memiliki banyak pilihan aplikasi yang dapat digunakan oleh pengguna terutama pemula.

      Basis pengguna yang banyak membuat kamu yang baru mencoba distro tidak akan kesulitan dalam menyelesaikan kendala yang kamu temukan ketika menggunakan Linux Mint.

    4. Fedora

      Distro Fedora ini bisa dikatakan sangat cocok untuk semua kebutuhan termasuk untuk kebutuhan pemula.

      Fedora memiliki banyak versi untuk permainan, untuk pekerjaan, pengembangan web, dan lain sebagainya.

      Dokumentasi Fedora pun sangat banyak di internet dan rapi. Fedora memiliki RPM sebagai repository dari aplikasinya yang membuat Fedora memiliki banyak dukungan di dunia.

  4. Kesimpulan dan Rekomendasi Kursus Belajar Linux Gratis Bersertifikat

    Linux sebagai sistem operasi terbuka memiliki banyak sekali distro linux yang terus berkembang dan mungkin akan terus bertambah.

    Sudah banyak sekali profesional ataupun perusahaan besar yang mengembangkan distro linux mereka sendiri untuk menyesuaikan kebutuhannya.

Jika kamu tertarik menjadi seorang Linux Sys Admin, kamu bisa belajar melalui Freemium Course: Linux System Administration berikut. Kamu akan mendapatkan fasilitas lab, sertifikat keahlian, hingga peluang untuk ditawarkan pekerjaan dengan materi berbasis projek secara gratis.