images/Poster_Artikel_44.jpg

Cara Mengatasi Kekurangan Tenaga Kerja di Perusahaan Anda

oleh Zulfi

Introduksi

Saat ini, banyak perusahaan mengalami kesulitan dalam merekrut talenta yang sesuai, menciptakan kesenjangan antara pencari kerja dan perusahaan. Menurut penelitian APAC Agustus 2022, kekurangan tenaga kerja bukan hanya masalah negara tertentu, tetapi bersifat global dan diperkirakan akan berlanjut hingga 2030. Hal ini menjadi tantangan bagi pemilik bisnis, tetapi di era teknologi yang berkembang pesat, inovasi seperti artificial intelligence dan intelligent automation dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah ini, meskipun belum banyak perusahaan yang memanfaatkannya.


Mengatasi Masalah Kekurangan Tenaga Kerja

Outsourcing dan Kolaborasi

Langkah awal untuk mengatasi permasalahan kekurangan tenaga kerja adalah dengan memanfaatkan perusahaan outsourcing. Outsourcing akan membantu bisnis Anda mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, menggunakan karyawan dari perusahaan outsourcing dapat mengurangi biaya operasional. Biaya rekrutmen, pelatihan, pengembangan karir, tunjangan, dan asuransi untuk karyawan outsourcing menjadi tanggung jawab perusahaan penyedia jasa outsourcing, mengurangi beban biaya bagi bisnis Anda.


Manfaatkan Teknologi

Integrasi teknologi dalam operasional perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dan mengurangi ketergantungan pada tenaga kerja manual. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, salah satu teknologi paling canggih saat ini adalah AI dan Intelligent Automation.

Penerapan otomatisasi dapat membantu Anda mengalihkan tugas-tugas berulang ke sistem bot yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Sejumlah tugas yang dapat didelegasikan kepada robot otomatisasi melibatkan pekerjaan berulang seperti entri data, pengolahan data, layanan pelanggan, dan masih banyak lagi.

 

Bermitra dengan Institusi Pendidikan

Bekerjasama dengan institusi pendidikan untuk memperoleh akses ke tenaga kerja baru lulus yang berpotensi. Seperti yang diketahui, perkembangan teknologi juga mendukung munculnya beberapa startup teknologi pendidikan yang berkomitmen untuk menciptakan berbagai tenaga kerja yang siap bekerja dan memiliki sertifikasi sesuai dengan minat yang diinginkan.

Mereka tentunya juga sangat bersedia menjalin kerjasama dengan perusahaan untuk menyediakan tenaga kerja yang telah dibekali dengan sistem kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan industri.

 

Membangun Citra Pemberi Kerja yang Unggul

Investasi dalam membangun citra sebagai pilihan pemberi kerja yang diminati dapat menarik perhatian kandidat berkualitas. Anda dapat menggunakan media sosial untuk menunjukkan kualitas dari pemberi kerja yang dimiliki. Pendekatan ini umumnya diterapkan oleh perusahaan outsourcing untuk menarik perhatian perusahaan lain dalam mencari kandidat.

Anda juga dapat mengadopsi strategi serupa untuk menarik perhatian kandidat lain agar tertarik bergabung dengan perusahaan Anda. Penting untuk menciptakan citra pemberi kerja yang jujur dan tidak berlebihan.

 

Membangun Budaya Perusahaan yang Positif

Menciptakan budaya perusahaan yang positif dan mendukung memiliki dampak positif terhadap retensi karyawan. Fokus pada pengembangan lingkungan kerja yang sehat dan inklusif, yang sangat terkait dengan pengalaman karyawan.

Salah satu langkahnya adalah memberikan pengakuan terhadap kinerja dan kontribusi karyawan. Pengakuan ini dapat berupa penghargaan, promosi, atau bahkan apresiasi informal yang menunjukkan penghargaan perusahaan terhadap dedikasi karyawan.

Mendorong komunikasi dua arah antara karyawan dan manajemen juga menjadi bagian penting. Ini melibatkan mendengarkan umpan balik karyawan dan mengambil tindakan berdasarkan saran yang diberikan.

Dan yang tidak kalah pentingnya, mengakui nilai dari keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Ini dapat dilakukan melalui kebijakan kerja yang fleksibel, pemberian cuti yang memadai, dan dukungan terhadap kesejahteraan karyawan.

 

Site Service Engineer sebagai Solusi Kekurangan Tenaga Kerja

Apa itu Site Service Engineer

SSE atau Site Service Engineer adalah salah satu layanan ADINUSA Pro Talent mencarikan kandidat IT untuk perusahaan Anda dengan skema kandidat tersebut sebagai karyawan BTech yang ditempatkan di perusahaan Anda.

Talenta Apa Saja yang Bisa SSE Penuhi?

Site Service Engineer memiliki talent pool yang kredibel di bidang Linux Syste Administrator, Cloud Associate, dan DevOps Associate.

Keuntungan Menggunakan Service SSE ADINUSA

Anda mendapatkan beragam Kandidat karena kami melakukan penyaringan pada talenta yang memiliki potensi. Pelatihan kami menghasilkan talenta yang siap untuk bekerja., dan
Kustomer dapat berkonsultasi dengan kami untuk menemukan talenta yang tepat.

 

Baca juga: IT Outsourcing, Apa Saja yang Perlu Diketahui?
Baca juga: Pentingnya Menjaga Keamanan Data Pribadi di Era Digital